Minggu, 02 April 2017

GELOMBANG BUNYI

Bunyi adalah sesuatu yang dihasilkan dari suatu getaran. Bunyi termasuk gelombang longitudinal yang merambat lurus ke segala arah dari sumber tersebut.

Syarat terjadinya dan terdengarnya bunyi adalah
a.        Ada sumber bunyi (benda yang bergetar)
b.       Ada medium (zat antara untuk merambatnya bunyi)
c.        Ada penerima bunyi yang berada di dekat atau dalam jangkauan sumber bunyi

Berdasarkan frekuensinya, bunyi dibedakan menjadi 3 yaitu :
1. Bunyi Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya < 20 Hz. bunyi ini tidak dapat didengarkan oleh manusia namun dapat didengarkan oleh laba-laba, jangkrik dan lumba-lumba.
2. Bunyi audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya diantara 20 Hz - 20.000 Hz. bunyi jenis inilah yang dapat didengarkan oleh manusia.
3. Bunyi ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya > 20.000 Hz. bunyi jenis ini juga tidak dapat di dengarkan manusia. hewan yang mampu mengarkan bunyi jenis ini adalan lumba2, jangkrik, anjing....dll

A. SUMBER DAN KECEPATAN GELOMBANG BUNYI
1. Senar atau Dawai
Senar atau dawai dawai banyak digunakan sebagai sumber bunyi seperti pada gitar, kecapi, atau biola.



Cepat rambat gelombang pada dawai dapat diukur dengan peralatan melde (sonometer)




Hukum Melde : “Besarnya cepat rambat sebanding dengan akar gaya tegangan tali dan berbanding terbalik dengan akar massa persatuan panjang.”

1.      Semakin besar massa beban maka semakin besar pula cepat rambat gelombang. Semakin besar massa yang digantungkan maka akan terjadi panjang gelombang yang semakin besar. Hal ini menyebabkan cepat rambat gelombang semakin besar pula.
2.      Cepat rambat gelombang berbanding lurus dengan akar tegangan tali
3.      Semakin besar rangkap/massa tali maka cepat rambat gelombang semakin kecil karena ketika semakin besar tali/benang mengakibatkan semakin kecilnya rapat massa linier tali, sehingga cepat rambat gelombang akan semakin besar.
4.      Cepat rambat gelombang berbanding terbalik dengan akar massa per satuan tali.


0 komentar:

Posting Komentar