Minggu, 02 April 2017

Gerak Harmonik Sederhana

GERAK HARMONIK SEDERHANA


Setiap gerak yang berulang dalam selang waktu yang sama disebut gerak periodik. Gerak periodik sering juga disebut dengan gerak harmonik. Jika suatu partikel dalam gerak periodik bergerak bolak-balik melalui lintasan yang sama, geraknya disebut gerak harmonik sederhana. Bumi penuh dengan gerak harmonik, misalnya gerak roda, keseimbangan arloji, dawai biola, massa yang diikat pada pegas, bandul, atom dalam molekul atau dalam kisi zat padat, molekul udara ketika ada gelombang bunyi, dan sebagainya.
Banyak benda bergerak bolak-balik tetapi tidak tepat sama karena gaya gesekan menghambat  geraknya. Dawai biola akhirnya berhenti bergetar dan bandul akhirnya berhenti berayun. Gerak semacam ini disebut gerak harmonik teredam (damped).
Petiode (T) suatu gerak harmonik adalah waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu lintasan lengkap dari geraknya, yaitu satu getaran penuh. Satuan periode dalam SI adalah sekon. Frekuensi gerak (f) adalah banyaknya getaran tiap satuan waktu. Satuan frekuensi dalam SI adalah hertz. Posisi pada saat tidak ada gaya neto yang bekerja pada partikel yang berosilasi disebut posisi seimbang. Simpangan (pergeseran) linier atau sudut adalah jarak linier atau sudut partikel yang berosilasi dari posisi seimbangnya  pada sembarang saat.
Bandul sederhana (simple pendulum) adalah benda ideal yang terdiri dari sebuah titik massa yang digantung pada tali ringan yang tidak dapat mulur. Jika bandul ditarik ke samping dari posisi seimbangnya dan dilepaskan, maka bandul akan berayun dalam bidang vertikal karena pengaruh gravitasi.













Lokasi: Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar